ANALISIS KUALITAS PRODUK, SUASANA, DAN KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (STUDI PADA PUSKESMAS BENGKOL MANADO)

Authors

  • Christian . Tiwa Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P.K Lengkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20962

Abstract

Abstrak: Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dan dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat. Dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Suasana, dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Bengkol. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu: Analisis Regresi Linear Berganda. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling, dengan jumlah 95 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas produk, Suasana, dan Kualitas jasa, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan pasien. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien, Suasana berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan pasien, Kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien. Puskesmas Bengkol Manado sebaiknya lebih memahami faktor Kualitas Produk, Suasana, dan Kualitas Jasa pada pasien karena hal ini dapat mempengaruhi pasien dalam menentukan Kepuasan Pasien pada Puskesmas Bengkol Manado.

 

Kata kunci: kualitas produk, suasana, kualitas jasa, kepuasan pasien.

Author Biographies

Christian . Tiwa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Victor P.K Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-10