ANALISIS CITRA MEREK, HARGA PRODUK DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG PADA SELURUH GERAI – GERAI SELULER DI IT CENTER MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20997Abstract
Abstrak : Seiring dengan berkembangnya fungsi handphone sebagai alat komunikasi, maka permintaan konsumen terhadap handphone akan semakin tinggi. Ditengah pilihan yang begitu banyak, konsumen yang semakin cerdas cenderung lebih memilih produk dan layanan perusahaan yang paling sesuai dengannya. Tujuan dari penelitian untuk melihat pengaruh citra merek, harga produk dan kualitas terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah assosiatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling dengan jumlah responden 50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, harga produk dan kualitas secara simultas berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian, tetapi secara parsial variabel kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel citra merek dan harga tidak berpengaruh signifikan. Saran bagi pihak perusahaan agar dapat menjaga kualitas yang ada untuk mempertahankan konsumen, dari segi harga pihak perusahaan juga harus menciptakan gagasan baru dalam persaingan harga dan mengembangkan citra merek pada produk tersebut.
Â
Kata Kunci : citra merek, harga produk, kualitas, keputusan pembelian.
Â