PENGARUH INOVASI DAN KEBERANIAN MENGAMBIL RISIKO TERHADAP KINERJA PRODUK DENGAN INTESITAS PERSAINGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Cafe-Cafe di Manado)

Authors

  • Nia A. Winowod Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje L. Sepang Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21199

Abstract

Abstrak : Perkembangan bisnis di Indonesia terutama bisnis kuliner merupakan fenomena yang sangat menarik untuk kita teliti, terutama pada era globalisasi sekarang ini. Hal ini membuka peluang bagi pengusaha untuk turut berkompetisi dalam menjaring konsumen di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inovasi Dan Keberanian Mengambil Risiko Terhadap Kinerja Produk Dengan Intensitas Persaingan Sebagai Variabel Moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengelola pada Café-café yang ada di Manado (malalayang dan wanea), pendekatan penelitian menggunakan kusioner, pengambilan data sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling Kemudahan, anggota populasinya adalah pemilik dan pengelola (karyawan) dengan mengambil 30 café yang ada di manado (malalayang dan wanea). Teknik sampling menggunakan Analisis MRA (Moderated Regression Analysis) Analisis data statistic menggunakan program computer SPSS 24. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil. Hasil penelitian secara linear sedarhana dan MRA menunjukan bahwa Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Produk dan Persaingan Usaha tidak mampu memoderasi Inovasi Produk terhadap Kinerja Produk, risiko usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja produk dan Persaingan Usaha tidak dapat memoderasi Pengambilan Risiko terhadap Kinerja Produk di 30 Café Manado (Malalayang dan Wanea). Bagi Wirausaha café tetap selalu berinovasi dan berani mengambil risiko atau meningkatkan kualitas produk makanan dan minuman dengan mengikuti trend jaman sekarang sehingga akan memberikan kepuasan lebih tinggi bagi konsumen yang akan membeli.
Kata Kunci : inovasi, risiko, kinerja produk dan persaingan..

Author Biographies

Nia A. Winowod, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jantje L. Sepang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-20