PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH KOPI (STUDI KASUS PADA VAN OMMEN COFFEE MANADO)

Authors

  • Faly Etam Dumat Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy . Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21622

Abstract

Abstrak: Gaya hidup masyarakat modern yang sering mengikuti tren berdampak pada bertambahnya peminat kopi khususnya yang ada di Manado. Ini menjadi suatu  peluang bagi para pebisnis yang ada di kota Manado. Dapat dilihat dengan begitu banyaknya kedai atau rumah kopi yang telah dibuka di kota manado. Situasi seperti seperti ini membuat para pelaku bisnis harus bisa menerapkan strategi untuk menyentuh hati para peminat kopi di kota Manado. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Van Ommen Coffee Manado. Metode penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil dalam penelitian ini Experiential Marketing dan Emotional Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Emotional Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Van Ommen Coffee Manado. Pihak pengelolah Van Ommen Coffee Manado sebaiknya terus meningkatkan Experiential Marketing terhadap konsumen sehingga membuat pelanggan merasa dihargai dan merasa nyaman saat berada di tempat tersebut.

Kata Kunci: experiential marketing, emotional marketing, loyalitas pelanggan

Author Biographies

Faly Etam Dumat, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ferdy . Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-03