ANALISIS TATA LETAK RUANG DAN FUNGSIONALITAS RESTORAN RUMAH KOPI BILLY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Mar’ie . Ibrahim Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth . Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati . Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21662

Abstract

Abstrak: Di era modern ini, kopi telah menjadi tren minuman dan konsumsi sehari-hari. Setelah kopi menjadi gaya hidup, ada begitu banyak kedai kopi yang buka di pasaran. Kedai kopi mulai muncul dan menjadi bagian dari bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata letak ruang dan fungsionalitas restoran Rumah Kopi Billy terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian adalah 442 konsumen, sedangkan sampel sebanyak 81 orang responden dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tata letak ruang dan fungsionalitas restoran rumah kopi billy secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial tata letak ruang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Fungsionalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan pada rumah kopi billy manado sebaiknya diperhatikan tata letak ruang dan fungsionalitas karena melihat besarnya pengaruh variabel tersebut terhadap kepuasan pelanggan pada rumah kopi billy manado.

 

Kata Kunci: tata letak ruang, fungsionalitas, kepuasan pelanggan

Author Biographies

Mar’ie . Ibrahim, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lisbeth . Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Djurwati . Soepeno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-03