ANALISIS PENGARUH STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING (STP) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BP-SMART PROTECTION DI AJB BUMIPUTERA 1912 CABANG SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • . . Anjelisa Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth . Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Mirah . Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21970

Abstract

Abstrak : Berbagai kondisi dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis akan berdampak pada meningkatnya persaingan. Persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif, kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih, dibandingkan yang dilakukan pesaing. Oleh karena itu perusahaan mulai membuat strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh segmentasi, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah assosiatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh dengan jumlah responden 50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian ditemukan bahwa analisis segmentasi, targeting dan positioning secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pihak perusahaan sebaiknya meningkatkan efektifitas dalam penerapan strategi segmentasi, targeting dan positioning sebagai penunjang dalam peningkatan penjualan yang telah dicapai.

 

Kata Kunci : segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelian

Author Biographies

. . Anjelisa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lisbeth . Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mirah . Rogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-18