ANALISIS PERSEPSI TERKAIT PRINSIP-PRINSIP ETIKA PROFESI AKUNTAN (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO)

Authors

  • Hendra S.R. Pararuk Universitas Sam Ratulangi
  • Hendrik . Gamaliel Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.6.4.2018.22226

Abstract

Abstrak : Seiring dengan meningkatnya kompetisi dan globalisasi, setiap profesi dituntut untuk bekerja secara profesional. Mahasiswa pada dasarnya merupakan subyek atau pelaku di dalam pergerakan pembaharuan yang akan menjadi generasi-generasi penerus bangsa. Mahasiswa pada saatnya nanti akan memasuki dunia kerja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji persepsi antara mahasiswa akuntansi S-1 dan S-2 terkait prinsip-prinsip etika profesi akuntan yaitu Tanggung Jawab Profesi, Kepentingan Publik dan Integritas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis data yang diambil berupa data primer. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi. Pengambilan sampel sebanyak 60 orang yang dipilih langsung oleh peneliti yang mampu memberikan data dan informasi terpercaya. Untuk pembagian sampel 30 orang mahasiswa akuntansi S-1 dan 30 orang mahasiswa akuntansi S-2. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa telah memenuhi validitas, reliabilitas dan data berdistribusi normal. Hasil Penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi S-1 dengan mahasiswa akuntansi S-2 terkait etika profesi akuntan. Hal ini disebabkan karena persepsi mahasiswa dapat dibentuk oleh lingkungan yang berada di sekitarnya, dan tingkat pendidikan mempunyai andil besar dalam pembentukan persepsi seorang mahasiswa.

Kata Kunci : mahasiswa akuntansi strata 1, mahasiswa akuntansi strata 2, tanggung jawab profesi, kepentingan publik dan integritas.

Author Biographies

Hendra S.R. Pararuk, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Hendrik . Gamaliel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-01-08