INTELIJENSI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS MANTOS

Moh Hifdil Furqon, Willem J.F.A Tumbuan, Michael Ch. Raintung

Abstract


Abstrak :Intelijensi Pemasaran sangat penting bagi perusahaan yang terkait untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam menghadapi persaingan. Sehingga apabila intelijensi pemasaran dilakukan dengan maksimal maka informasi mengenai data pesing bisa didapatkan dan perusahaan akan dapat mengambil keputusan berkaitan dengan informasi tersebut. Perusahaan menerapkan intelijensi pemasaran berdasarkan atas aktivitas intelijensi, faktor intelijensi, dan sumber intelijensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang intelijensi pemasaran dalam upaya mempertahankan keunggulan kompetitif yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah Manado dalam mencapai visi dan misi PT. Pegadaian Syariah UPS Mantos. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan wawancara tertulis dalam tekhnik penelitiannya untuk mengumpulkan data berkaitan tentang intelijensi pemasaran, setelah wawancara tertulis dilakukan peneliti kemudian menganalisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktivitas yang dilakukan berupa aktivitas merancang keunggulan kompetitif yang prosedurnya berdasarkan empat langkah utama yaitu : menyusun sistem, mengumpulkan data, mengevaluasi dan menganalisis data, dan menyebarluaskan informasi dan menanggapi permintaan. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, sebaiknya perusahaan selalu melakukan intelijensi pemasaran agar selalu mendapat informasi yang penting yang berkaitan dengan strategi pemasaran perusahaan.

 

Kata Kunci: aktivitas intelijensi, faktor intelijensi, dan sumber intelijensi pemasaran.

                   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.