STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE MEGA MALL MANADO

Inda G.Q Ngalimin, Willem J.F.A Tumbuan, Yunita . Mandagie

Abstract


Abstrak: Pemenuhan kebutuhan sandang tidak lepas dari adanya perusahaan-perusahaan untuk memproduksi sandang. Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan berhubungan dengan bagaimana perusahaan melakukan penjualan produk yang dimilikinya di tengah krisis global yang melanda seluruh dunia. Strategi apa sebenarnya yang diinginkan konsumen dari sebuah perusahaan sandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan pemasaran dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang bertransaksi lebih dari 3 kali sebulan di Matahari Departement Store Mega Mall Manado dengan responden sebanyak 100 orang, serta teknik pengambilan sampel dengan metode Accidental. Teknik untuk mengumpulkan data melalui kuesioner dan wawancara. Hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel hubungan pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, pemberian promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan hubungan pemasaran dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sebaiknya Matahari Departement Store Mega Mall Manado semakin meningkatkan hubungan pemasaran dengan konsumen dan menambah lebih banyak promosi karena variabel-variabel ini mempengaruhi kepuasan dari konsumen. Hal ini sangatlah penting agar lebih menarik perhatian konsumen untuk tetap menjadikan Matahari Departement Store Mega Mall Manado sebagai tempat utama untuk berbelanja. 

Kata Kunci : relationship marketing, promosi, kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.