ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUASAN, KEPERCAYAAN DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI THE COFFEE BEAN MANTOS

Authors

  • Jasinta Livy Walangare Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova . Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy . Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22447

Abstract

Abstrak: Loyalitas konsumen merupakan hal yang sangat penting ditengah persaingan bisnis yang tinggi, karena dengan loyalitas akan bermanfaat bagi perkembangan jangka panjang perusahaan, menciptakan hubungan yang kuat dan erat dengan pelanggan adalah mimpi  semua pemasar dan hal ini sering menjadi kunci keberhasilan pemasaran jangka  panjang. Loyalitas konsumen merupakan sebuah hasil yang didapat dari kepuasan konsumen akan sebuah produk barang atau jasa, loyalitas ini memberikan dampak positif bagi perusahaan seperti konsumen yang loyal melakukan pembelian yang berulang-ulang pada produk perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kepuasan, kepercayaan dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen di the coffee bean Mantos. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa faktor kepuasan, kepercayaan dan pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di the coffee Bean Mantos. Sebaiknya manajemen the coffee bean perlu melakukan survei pelayanan konsumen untuk mengantisipasi terjadinya perubahan trend dan selera atau kepuasan dari konsumen.

 

 

Kata Kunci: faktor kepuasan, kepercayaan, pelayanan, loyalitas konsumen

 

 

Author Biographies

Jasinta Livy Walangare, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silcyljeova . Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ferdy . Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-01-20