PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ROYAL’S RESTO AND FUNCTION HALL DI KOTA TERNATE

Authors

  • Meylisa A. Molle Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Christoffel . Kojo Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22917

Abstract

Abstrak : Faktor yang menyebabkan bisnis makanan paling mampu bertahan, karena sejak dahulu makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sehingga masalah pangan dikategorikan ke dalam kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Dengan alasan itu, manusia tidak dapat melepaskan kebutuhannya untuk makan karena hanya dengan makan manusia dapat terus melangsungkan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan menjadi nasabah di BPR Prisma Dana Manado. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji simultan didapatkan nilai Fhitung dari variabel produk, harga, tempat dan promosi adalah sebesar 218,101. Restoran perlu meningkatan kompetensi karyawan khususnya dalam penguasaan bahasa asing yaitu bahasa Inggris agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada pelanggan, Karyawan restoran perlu diberikan coaching mengenai menu makanan dan minuman, bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahannya agar dapat menjawab pertanyaan konsumen mengenai menu; Restoran perlu lebih lagi meningkatkan kualitas pelayanan, menata ruangan lebih menarik, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

   

Kata Kunci: bauran pemasaran, keputusan menjadi nasabah.

Author Biographies

Meylisa A. Molle, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Christoffel . Kojo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-02-13