PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA RUMAH ALAM MANADO

Authors

  • Olivia Christy Paramulia Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy . Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23717

Abstract

 

Abstrak: Pemasaran memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu tempat wisata, terutama dalam menghadapi persaingan, mempertahankan keunggulan, dan mengembangkan obyek wisata untuk senantiasa mencapai laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan berkunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi adalah pengunjung yang berkunjung pada obyek wisata Rumah Alam Manado. Pengumpulan data melalui survey dari 22.500 pengunjung diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Secara parsial produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, orang tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, proses tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Jadi sebaiknya pihak Rumah Alam Manado harus memahami dan menerapkan Bauran Pemasaran 7P agar dapat mempengaruhi minat konsumen untuk berkunjung pada obyek wisata Rumah Alam.

Kata Kunci : bauran pemasaran jasa, keputusan berkunjung

Author Biographies

Olivia Christy Paramulia, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ferdy . Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-08-28