PENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEPREK BENSU MANADO

Authors

  • Monica . Nggilu Universitas Sam Ratulangi
  • Altje . Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Woran . Djemly Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23720

Abstract

Abstrak: Perkembangan internet yang semakin luas membuat pelaku bisnis saat ini memilih strategi pemasaran dengan memanfaatkan internet untuk berkomunikasi, memberikan informasi, dan mempromosikan bisnisnya kepada konsumen. Perusahaan harus memahami bagaimana proses dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari viral marketing, celebrity endorser, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada Geprek Bensu Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh followers Instagram @geprekbensu.manado. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling, yaitu teknik Insidental Sampling dengan jumlah 100 responden.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menujukkan viral marketing, celebrity endorser dan brand awareness berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Geprek Bensu Manado. Secara parsial viral marketing dan brand awareness  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Geprek Bensu Manado. Sebaiknya pihak manajemen harus memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang terus menurus serta dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Kata Kunci: viral marketing, celebrity endorser, brand awareness, dan keputusan pembelian

Author Biographies

Monica . Nggilu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje . Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Woran . Djemly, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-08-28