PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, RISIKO KREDIT, RISIKO PASAR DAN RISIKO OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK KATEGORI BUKU 2 PERIODE 2014-2017

Authors

  • Nurul . Sukma Universitas Sam Ratulangi
  • Ivonne S. Saerang Universitas Sam Ratulangi
  • Joy Elly Tulung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23739

Abstract

Abstrak: Bank saat ini dibagi dalam kategori Buku Umum Kegiatan Usaha (BUKU), kategori ini dibagi berdasarkan modal inti dari bank bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga, risiko kredit, risiko pasar dan risiko operasional terhadap profitabilitas pada bank kategori BUKU 2 di Indonesia periode 2014-2017. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 perbankan. Data dalam penelitian ini diambil dari laporan keuangan tahunan bank kategori BUKU 2 periode tahun 2014-2017. Diperoleh dari websaide bank bersangkutan dan www.idx.co.id. Dengan menggunakan metode penelitian yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dana pihak ketiga tidak berpengaruh signifikan terhadap ptofitabilitas, risiko kredit tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, risiko pasar  berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas dan risiko operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara simultan dana pihak ketiga, risiko kredit, risiko pasar dan risiko operasional berpengaruh signinfikan terhadap profitabilitas. Bank sebaiknya lebih memperhatikan risiko pasar dan risiko operasional yang mungkin terjadi.

 

Kata Kunci: dana pihak ketiga (DPK), risiko kredit (NPL/NPF), risiko Pasar (NIM), risiko operasional (BOPO), dan profitabilitas (ROA).

Author Biographies

Nurul . Sukma, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ivonne S. Saerang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Joy Elly Tulung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-08-28