ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI MATAHARI MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Ireine E. Sumolang Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24267

Abstract

Abstrak: Pusat perbelanjaan modern atau mall di kota Manado dari waktu ke waktu semakin diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Secara umum alasan utama konsumen berbelanja dipasar modern atau mall adalah karena mall merupakan tempat yang nyaman untuk berbelanja, adanya kepastian harga, serta merasa bebas untuk memilih dan melihat-lihat, kualitas barang yang terjamin, kualitas barang baik, jenis lebih barang lebih lengkap dan model barang sangat beragam. Dalam hal pelayanan di PT.  Matahari  Department  Store,  Manado Town Square telah  memenuhi syarat kualitas pelayanan yang baik. Keberadaan  serta  kelengkapan  suatu  produk  yang  sesuai  dan  mencukupi segala  kebutuhan  konsumen  sangat  menentukan  harus  kemana  konsumen  untuk berkunjung dan membeli apa yang mereka butuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan prima dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung Matahari Manado Town Square Manado dan diambil sampel sebanyak 100. Metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dalam penelitian menunjukan pelayanan prima dan kelengkapan produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian serta memiliki pengaruh positif dan signifikan, maka sebaiknya pihak Matahari Manado Town Square lebih meningkatkan system dalam hal pelayanan yang prima serta kelengkapan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kata Kunci: pelayanan prima, kelengkapan produk, keputusan pembelian

Author Biographies

Ireine E. Sumolang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2019-08-28