PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Authors

  • Eliessye Monretha Leatemia Universitas Sam Ratulangi
  • Maryam M. Mangantar Universitas Sam Ratulangi
  • Mirah H. Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.25085

Abstract

Abstrak : Kinerja Keuangan merupakan usaha formal yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba, sehingga dapat melihat pertumbuhan, dan potensi perkembangan baik perusahaan dengan mengandalkan sumber daya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja keuangan (ROA) pada perusahaan textile dan garmen. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Komisaris Indepeden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 7 perusahaan dari 18 populasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukan bahwa Kepemilikan Institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan perusahaan, Kepemilikan Manajerial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan perusahaan, Komisaris Independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan perusahaan. Hasil penelitian uji secara simultan menunjukan bahwa Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Komisaris Independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan perusahaan. Kepada perusahaan textile dan garmen untuk memperhatikan struktur kepemilikan saham yang ada dan juga memperhatikan kelengkapan laporan tahunan / annual report disetiap tahunnya.

 

Kata kunci: corporate governance, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, kinerja keuangan (ROA).

Author Biographies

Eliessye Monretha Leatemia, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas EKonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Maryam M. Mangantar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas EKonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Mirah H. Rogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas EKonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads