IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DALAM UAPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ASURANSI TABUNGAN PADA PT. PRUDENTIAL CABANG MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.25086Abstract
Abstrak: Produk investasi (pru link) adalah produk asuransi yang dirancang dengan mengkaitkan (linked) produk asuransi jiwa dengan instrument investasi. Perusahaan asuransi yang memiliki andil di dalam upaya memperkenalkan produk unit link di Indonesia yang pertama salah satunya yaitu PT. Asuransi Prudential, yang kemudian di ikuti dan di sempurnakan oleh perusahaan asuransi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi tabungan pada PT. Prudential dan untuk mengetahui strategi pemasaran apakah yang digunakan PT. Prudential Cabang Manado dalam upaya meningkatkan penjualan produk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah sebanyak 30. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT. Prudential Cabang Manado strategi agresif yaitu dengan meningkatkan teknologi informasi, melakukan inovasi terhadap produk yang diluncurkan, citra perusahaan yang baik menjadi sebuah nilai jual terhadap customer, jumlah SDM dan jaringan yang luas akan mempermudah penetrasi ke pasar. Prudential akan lebih bisa memperkuat posisi perusahaan dalam meningkatkan perkembangan perusahaan dengan cara memperkuat pemasaran, melakukan investasi dalam menjaga produktifitas yang efektif dan efisien melalui teknologi maupun tenaga kerja, lebih jeli melihat kelemahan pendatang baru, dan fokus berusaha mengelola perusahaan melalui evaluasi yang berkelanjutan.
Kata Kunci: strategi pemasaran, analisis swot.