PENGARUH MOTIVASI, KEPERCAYAAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA ONLINE SHOP ZALORA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26449Abstract
Abstrak: Bisnis online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, baik yang dalam kesehariannya menggunakan internet atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi, kepercayaan, dan sikap konsumen terhadap minat beli pengguna online shop Zalora pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Metode Penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini pengguna online shop Zalora di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sampel yang digunakan menggunakan rumus Ferdinand. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi berpengaruh secara parsial terhadap minat beli, kepercayaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli, sikap konsumen tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli, yang menyatakan bahwa motivasi, kepercayaan, dan sikap konsumen berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Bagi pihak online shop Zalora agar terus mempertahankan secara bersama-sama motivasi, kepercayaan, dan sikap konsumen agar dapat meningkatkan minat.
Â
Kata kunci: motivasi, kepercayaan, sikap konsumen, minat beli