MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN, KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMP DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Paulus Saweduling Universitas Sam Ratulang Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2739

Abstract

Peran guru di sekolah khususnya daerah terpencil di Kabupaten Kepulauan Talaud sangat minim, persoalan yang sering kali muncul bahwa para guru dalam lingkungan pendidikan kurang mendapatkan perhatian. Sementara peranan mereka sangat penting sebagai pilar utama dan terdepan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial  motivasi, kompensasi, pelatihan dan pengembangan, karakteristik pekerjaan terhadap prestasi kerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Kepulauan Talaud. Sampel pada penelitian ditetapkan 31 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan conventional sampling. Korelasi Berganda untuk melihat hubungan antara motivasi kerja, kompensasi, pelatihan dan pengembangan, karakteristik pekerjaan dengan terhadap prestasi kerja para guru SMP Negeri. Hasil Penelitian menunjukkan motivasi kerja, kompensasi, pelatihan dan pengembangan, karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja Guru. Perlu mempertahankan motivasi kerja para guru, karena memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi kerja mereka. Perlu juga diperhatikan program pelatihan dan pengembangan yang ditujukan kepada masing-masing guru SMP agar sesuai dengan kompetensi atau mata pelajaran mereka, terjadwal secara berkesinambungan, adil dan memberikan kesempatan yang sama bagi para guru sesuai kebutuhannya.

Kata kunci: motivasi, kompensasi, pelatihan, karakteristik pekerjaan, prestasi kerja

Author Biography

Paulus Saweduling, Universitas Sam Ratulang Manado

Program Studi Magister Manajemen

Downloads

Published

2013-10-13