ANALISIS INVESTMENT OPPORTUNITY SET, CORPORATE GOVERNANCE, RISIKO BISNIS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DENGAN HIGH LEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA

Nada N. Kolibu, Ivonne S. Saerang, Joubert B. Maramis

Abstract


Tujuan utama perusahaan yang telah go public adalah meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan harga suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dijual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Corporate Governance, Risiko Bisnis, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods dengan High Leverage di BEI. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sampel yang digunakan adalah 13 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa Investment Opportunity Set (IOS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Corporate Governance tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Risiko Bisnis berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Uji simultan menunjukkan bahwa Investment Opportunity Set (IOS), Corporate Governance, Risiko Bisnis, dan Profitabilitas secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan alternatif investasi yang tepat, penerapan kepemilikan institusional, risiko-risiko yang timbul akibat kegiatan operasional perusahaan, dan memaksimalkan laba perusahaan sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam rangka peningkatan nilai perusahaan.

 

Kata kunci: investment opportunity set (ios), corporate governance, risiko bisnis, profitabilitas, dan nilai perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.