DAMPAK FAKTOR KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN FAKTOR BURSA EFEK INDONESIA TERHADAP RETURN SAHAM (PADA INDUSTRI KEUANGAN NON BANK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017)

Authors

  • Chintia Bunga Santalia Tewu Universitas Sam Ratulangi
  • Sri Murni Universitas Sam Ratulangi
  • Joubert B. Maramis Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28169

Abstract

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain dan sebagai sarana bagi kegiatan investasi. Faktor karakteristik perusahaan dan faktor bursa efek Indonesia akan dapat mempengaruhi setiap return saham bagi setiap saham perusahaan yang dimiliki investor dalam setiap investasi yang dilakukan. Faktor karakteristik perusahaan dicermikan dengan Ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan institusional, sedangkan faktor bursa efek Indonesia dicerminkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukurun perusahaan, profitabilitas yang diukur drngan ROA, kepemilikan institusional dan IHSG secara parsial dan simultan terhadap Return Saham. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 25 perusahaan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) secara parsial Ukuran Perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,292 lebih besar dari 0,05 yang artinya tidak terdapat pengaruh terhadap return saham. 2) secara parsial Profitabilitas (ROA) mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,227 lebih besar dari 0,05 dimana tidak adanya pengaruh terhadap retun saham. 3) secara parsial Kepemilikan Institusional mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,422 lebih besar dari 0,05 dimana tidak adanya pengaruh terhadap return saham. 4) IHSG mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,157 lebih besar dari 0,05 dimana tidak adanya pengaruh terhadap Return Saham. 5) Secara simultan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROA), Kepemilikan Institusional dan IHSG tidak mempunyai pengaruh terhadap Return Saham dengan nilai signifikan sebesar 0,376 libih besar dari 0,05.

 

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas (ROA), Kepemilikan Institusional, IHSG, Return Saham

Author Biographies

Chintia Bunga Santalia Tewu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sri Murni, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joubert B. Maramis, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-03-03