STRATEGI PROMOSI, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN MCDONALD’S MANADO

Authors

  • Resty Avita Haryanto Universitas Sam Ratulagi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2923

Abstract

McDonald’s sebagai salah satu pemilik brand global ternama dibidang  franchise, tentunya memiliki kebijakan-kebijakan yang dianggap berhasil, sehingga mampu menjadi pemimpin dibidang restoran cepat saji. Strategi promosi yang tepat, kualitas produk yang bermutu tinggi dan kualitas pelayanan yang baik menjadi salah satu keunggulan McDonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran Cepat Saji McDonald’s. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang pernah atau yang sering makan di McDonald’s Manado. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang diambil secara acak. Penelitian menggunakan metode penelitian asosiatif. Tehnik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial strategi promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Manajemen McDonald’s sebaiknya meningkatkan promosi dan mempertahankan kualitas produk serta  layanan agar pelanggan merasa puas.

Kata kunci: strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan, kepuasan konsumen.

Author Biography

Resty Avita Haryanto, Universitas Sam Ratulagi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2013-11-06