PENGARUH PERSEPSI MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) GALON MEREK AQUA

Authors

  • Mutiara P. Todar Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Rotinsulu J. Jorie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29546

Abstract

Seorang individu memiliki persepsi yang berbeda-beda dalam menanggapi suatu merek. Sama halnya ketika seseorang akan memutuskan untuk membeli suatu produk. Konsumen diperhadapkan oleh berbagai macam tawaran kelebihan produk namun persepsi seorang konsumen terhadap suatu produk bias berbeda-beda. Keputusan konsumen untuk membeli produk dipengaruhi persepsi yang dimiliki terhadap produk yang akan dibelinya. Persepsi tersebut meliputi bentuk, warna, rasa, kemasan, kualitas produk, harga, dan distribusi produk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek aqua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek aqua, dengan jumlah sampel 100 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuanlitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persepsi merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek aqua. Sebaiknya perusahaan Aqua berusaha untuk mempertahankan kualitas diantaranya dengan menambah cita rasa, membuat desain kemasan yang lebih bagus dan menjaga merek dengan tetap menggunakan air dari mata air asli. Perusahaan perlu menjaga terjaminnya kualitas rasa, warna dan bau air aqua serta kebersihan dari galon aqua.

 

Kata Kunci:  persepsi merek, kualitas produk, keputusan pembelian

Author Biographies

Mutiara P. Todar, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rotinsulu J. Jorie, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2020-10-01