PENGARUH CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (STUDI PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA YANG TERDAFTAR DI BEI)

Authors

  • Watung E.C Rembet Universitas Sam Ratulangi
  • Dedy N. Baramuli Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30085

Abstract

Perbankan sebagai suatu lembaga keuangan kepercayaan masyarakat yang memegang peranan penting dalam sistem perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR Terhadap ROA Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bank Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di BEI 2015-2018. Metode pengambilan sampel yang didapat sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CAR berpengaruh signifikan terhadap terhadap ROA, NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, NIM tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. CAR berpengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan NPL, NIM, BOPO, LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA.

Kata Kunci: capital adequacy ratio (car), net performing loan (npl), net interest margin (nim), beban operasional pendapatan operasional (bopo), loan to deposit ratio (ldr) dan return on asset (roa)

Author Biographies

Watung E.C Rembet, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Dedy N. Baramuli, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01