PENGARUH SERVICE PERFORMANCE, KEPERCAYAAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SULUTGO CABANG BEO

Authors

  • Vennya N. Rembet Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30239

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service performance, kepercayaan, dan lokasi terhadap kepuasan nasabah Bank SulutGo cabang Beo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di Bank SulutGo cabang Kabupaten Kepulauan Talaud dalam bentuk survey berupa penyebaran kuesioner yang telah disiapkan sebelumnya untuk melakukan penelitian. Waktu penelitian adalah 1 bulan. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank SulutGo cabang Beo. Responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah sebanyak 96 orang responden. Pengambilan data menggunakan convinience sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan, variabel : Service Performance (X1), Kepercayaan (X2), Lokasi (X3) berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Secara parsial, variabel : Service Performance (X1), dan Lokasi (X3) berpengaruh terhadap  kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud, sedangkan Kepercayaan (X2) tidak berpengaruh terhadap  kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud.   Saran penelitian yaitu dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah perbankan di Bank SulutGo, manajemen hendaknya meningkatkan kepercayaan nasabah dan kinerja layanan atau service performance. Semakin tinggi service performance makan akan semakin baik dalam meningkatkan kepuasan nasabah dari Bank SulutGo di Beo Talaud.

 

Kata Kunci: Service Performance, Kepercayaan, Lokasi, Kepuasan Nasabah, Bank SulutGo

Author Biographies

Vennya N. Rembet, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sjendry S. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01