ANALISIS KUALITAS, KEBERAGAMAN PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RM. KIOS PELANGI WAKEKE

Authors

  • Vieliany G. M. Doodoh Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30343

Abstract

ABSTRAK:  Rumah makan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelanggan, sehingga potensi pasar tinggi serta sangat manarik bagi para pebisnis untuk menggeluti. Rumah makan di kota Manado, saat ini yang paling banyak di buka adalah rumah makan yang menawarkan menu khas seperti makanan lokal yang terkenal yaitu Tinutuan. Potensi pasar yang tinggi, daya tarik terhadap pelanggan yang melakukan konsumsi berulang membuat persaingan semakin ketat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk, keberagaman produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di rumah makan. Metode penelitian deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Tehnik sampling yaitu convenience sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas produk, keberagaman produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan kualitas produk, keberagaman produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Manajemen rumah makan Kios Pelangi, sebaiknya mengembangkan dan mempertahankan kualitas produk, keberagaman produk dan harga agar agar dapat meningkatkan kepuasan Konsumen dan mempertahankan laba usaha.

 

Kata kunci: kualitas produk, keberagaman produk, harga, kepuasan konsumen

Author Biographies

Vieliany G. M. Doodoh, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisins, Jurusan Manajemen

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Michael Ch. Raintung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01