EVALUASI KUALITAS LAYANAN DAN SERVISCAPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT PEGADAIAN MANADO SELATAN

Authors

  • Wasti Kolonio Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce S.L.H.V. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30439

Abstract

Abstrak: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan perusahaan milik negara yang bergerak dalam produksi barang dan jasa, Pegadaian adalah sebuah BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa, Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kualitas layanan terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui evaluasi serviscape terhadap keputusan pembelian, penelitian ini menggunakan penelitian assosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para responden penelitian, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi liner berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan serviscape tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian PT Pegadaian Manado Selatan.

 

Kata kunci : Kualitas layanan, serviscape, keputusan pembelian

Author Biographies

Wasti Kolonio, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce S.L.H.V. Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Michael Ch. Raintung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01