PENGARUH GAYA HIDUP, WORD OF MOUTH DAN ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GLORIUSGLORIUSS STORE MANADO

Deagiva Sutardjo, Silvya L. Mandey, Michael Ch. Raintung

Abstract


Abstrak: Dewasa ini, perkembangan pesat terjadi hampir pada seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam hal pemenuhan kebutuhan, baik yang bersifat primer, sekunder maupun tersier. Gloriusgloriuss Store sebagai bagian dari industri fashion di Kota Manado diperhadapkan dengan persaingan yang ketat sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, word of mouth dan endorsment terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 71 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien  determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan pengaruh gaya hidup, word of mouth dan endorsement berpengaruh terhadap keputusan pembelian, secara parsial pengaruh gaya hidup, word of mouth dan endorsment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui pengaruh gaya hidup, word of mouth dan endorsment memiliki pengaruh sebesar 91,5% terhadap keputusan pembelian dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk Gloriusgloriuss Store, hendaknya dapat memperhatikan faktor gaya hidup, word of mouth dan endorsment lewat merumuskan kebijakan-kebijakan atau langkah-langkah strategis agar supaya keputusan pembelian dapat meningkat.

 

Kata Kunci: gaya hidup, word of mouth, endorsement, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.