PREDIKTOR PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Utami N. A. Rukmana Universitas Mataram
  • Akram Akram Universitas Mataram
  • Endar Pituringsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30664

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untun menganalisis prediktor pengungkapan carporate social responsibility dan pengaruh terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini berjumalah 132 perusahaan pada sector pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dengan  purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah path nalisis dan alat analisis data menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjuaka bahwa variabel profitabilitas, slack resource dan dewan komisaris independen berpengaruh negative terhadap corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Corporate social responsibility mampu memediasi pengaruh perencanaan bonus dan slack resource terhadap nilai perusahaan. akan tetapi corporate social responsibility tidak mampu memediasi pengaruh dewan komisaris independen terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci : profitabilitas, slack resource, dewan komisaris independen, CSR, nilai perusahaan.

Author Biographies

Utami N. A. Rukmana, Universitas Mataram

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Akram Akram, Universitas Mataram

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Endar Pituringsih, Universitas Mataram

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-13