PENGARUH UNSUR-UNSUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN RISIKO SUKU BUNGA TERHADAP KINERJA KEUANGAN INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ribka M.R. Suparno Universitas Sam Ratulangi
  • Grace B. Nangoi Universitas Sam Ratulangi
  • Stanly W. Alexander Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31066

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Dewan Komisaris Independen terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2018, (2) pengaruh Dewan Direksi terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2018, (3) pengaruh Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2018, (4) pengaruh NIM terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Jumlah sampel yang dipilih melalui purposive sampling sebanyak 30 perusahaan dari populasi sebanyak 44 perusahaan dengan pengamatan selama 4 tahun. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan (annual report). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Proporsi Dewan Komisaris Independen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Dewan Direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Komite Audit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. NIM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan.

 

Kata kunci: good corporate governance (gcg), dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, net interest margin (nim), return on asset (roa)

Author Biographies

Ribka M.R. Suparno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Grace B. Nangoi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Stanly W. Alexander, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akunansi

Downloads

Published

2022-10-22