PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISA SWOT PADA PRODUK AMANAH DI PT.PEGADAIAN (PERSERO) CP. MANADO UTARA

Authors

  • Klara R .A. Yohansyah Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Hedra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31167

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran pada produk Amanah di PT.Pegadaian (Persero) CP. Manado Utara dengan menggunakan analisa SWOT. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif karena  berusaha menggambarkan tingkat kekuatan, kelemahan, peluang bahkan ancaman yang ada pada produk Amanah di PT. Pegadaian (Persero) CP Manado Utara, serta untuk memberikan suatu rumusan perencanaan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE yang mendapat Skor 1,3635 dan EFE 2,3795 kemudian hasil tersebut di tuangkan dalam matriks SWOT kuantitatif 4 kuadran. Dari hasil matriks SWOT 4 kuadran terlihat jelas bahwa posisi produk Amanah dari PT.Pegadaian (Persero) CP. Manado Utara berada di kuadaran 1 dan berdasarkan matriks 8 kuadran dan 24 kuadran strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh PT.Pegadaian (persero) CP. Manado Utara terhadap produk Amanah yaitu Strategi Pertumbuhan Stabil dan Strategi pertumbuhan Agresif dengan tingkat agresifitas strategi normal (*).

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisa SWOT

Author Biographies

Klara R .A. Yohansyah, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Hedra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-11-04