ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM (FOOD & BEVERAGE) DI KOTA MANADO

Authors

  • Regina T. Saerang Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31588

Abstract

Semakin maraknya penggunaan media sosial oleh masyarakat, yang didukung oleh ketersediaan perangkat dan aplikasi digital yang ada, para pelaku UMKM memiliki peluang yang besar untuk memasarkan dan mempromosikan produk mereka melalui media sosial yang beragam. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis penggunaan dan pemanfaatan media sosial serta perannya dalam meningkatkan daya saing UMKM di Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Sebanyak 118 pelaku usaha menjadi responden pada studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai Sarana Komunikasi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing secara parsial. Namun variabel Media Promosi (X2) dan Sarana Riset Pasar (X3) berpengaruh signifikan terhadap daya saing UMKM ‘Food & Beverage’ di Kota Manado. Sedangkan secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap daya saing.

 

Kata kunci: UMKM, Media Sosial, Daya Saing

Author Biography

Regina T. Saerang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-12-23