PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN LUAR DAERAH PADA OBJEK WISATA DI KOTA TOMOHON PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi
  • Merlyn M. Karuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.31718

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang mampu menunjang pendapatan suatu daerah. Untuk itu, pengelolaan industri pariwisata perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat apalagi dengan semakin tingginya persaingan yang dibarengi juga dengan meningkatnya kunjungan wisatawan baik dari luar daerah maupun luar negeri. Memahami faktor-faktor kepribadian dan psikologis konsumen dalam hal ini pengunjung objek wisata merupakan bagian dari strategi pemasaran dalam mempengaruhi minat berkunjung pada objek wisata. Penelitian ini mengangkat kedua variabel tersebut sebagai variabel independen yakni faktor pribadi (X1) yang terdiri dari usia, pekerjaan, pendapatan, gaya gidup dan kepribadian dan faktor psikologis (X2) yang terdiri dari motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan serta pengetahuan. Sedangkan variabel dependen yakni keputusan berkunjung pada objek wisata di Kota Tomohon.

 

Kata kunci: faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan berkunjung, objek wisata

Author Biographies

Jane G. Poluan, Universitas Sam Ratulangi

Fakutlas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Merlyn M. Karuntu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-03-16