PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Syiendrawati Nurmughny Sulaiman Universitas Sam Ratulangi
  • Jenny Morasa Univesitas Sam Ratulangi
  • Hendrik Gamaliel Univesitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unsur-unsur penunjang Good Corporate Governance yang di proksikan dengan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komite audit terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini menggunakan Return On Equity (ROE). Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah dan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 10 perusahaan di sektor Consumer Goods Industry periode 2016-2018. Input data berasal dari IDX Statistics 2016-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel penunjang Good Corporate Governance seperti kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, komisaris independen dan komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan di sektor Consumer Goods Industry periode 2016-2018.

Kata Kunci: Agency Theory, Good Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan.

Author Biographies

Syiendrawati Nurmughny Sulaiman, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Jenny Morasa, Univesitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntans

Hendrik Gamaliel, Univesitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2021-03-16