PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, PERSEPSI HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM BEENJI CAFE DI SARIO KECAMATAN SARIO

Falian D. Sandala, Altje L. Tumbel, Jeffry L. A. Tampenawas

Abstract


Beenji café adalah salah satu usaha yang masuk dalam industri Food and Beverage (FnB)di Kota Manado. tingkat persaingan yang kian hari semakin ketat memacu Beenji café untuk berusaha semaksimal mungkin dalam memenangkan hati pelanggan sehingga muncul kemauan untuk membeli yang lebih tepat disebut sebagai minat beli. Adapun kelompok referensial, persepsi harga dan store atmosphere merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses pertimbangan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kelompok referensial, persepsi harga dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada UMKM Beenji Cafe di Sario Kecamatan Sario. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.200 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, baik secara simultan maupun parsial, kelompok referensial, persepsi harga dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa kelompok referensial, persepsi harga dan store atmosphere memiliki pengaruh sebesar 81,9% terhadap minat beli dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk UMKM Beenji Cafe di Sario Kecamatan Sario sebaiknya perusahaan merumuskan kebijakan-kebijakan strategis terkait kelompok referensial, persepsi harga dan store atmosphere secara terintegrasi lewat program-program pemasaran strategis dan memanfaatkannya untuk meningkatkan minat beli konsumen.

 

Kata Kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.