ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK AMANAH PADA PT.PEGADAIAN (PERSERO) UNIT WONASA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32636Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis yang tajam yang menjadi tantangan bagi pengusaha untuk tetap berada dalam persaingan hasil usahanya, khususnya pada produk amanah agar nasabah bisa melakukan pembiayaan untuk membeli kendaraan dengan mudah dan tepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk di gunakan pada manajemen PT. Pegadaian (persero) Unit Wonasa. Metode yang digunakan berupa analisis SWOT dan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang ditunjukan dari hasil analisis SWOT berdasarkan pada faktor internal nilai strength memiliki rata-rata 2,4 dan nilai weaknesses memiliki rata-rata 0,67 dan totalnya 3,07. Sedangkan faktor eksternal nilai opportunity memiliki rata-rata 2.17 dan nilai threats memiliki rata-rata 0,7 dan totalnya adalah 2,87. Analisis tersebut menyatakan bahwa PT. Pegadaian (persero) unit wonasa berada pada posisi kuadran 1 yang mana menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Rekomendasi yang di berikan adalah agresif, artinya pegadaian wonasa dalam kondisi yang sangat menguntungkan sehingga dapat di mungkinkan untuk terus melakukan ekpansi serta meraih kemajuan secara maksimal. Kesimpulannya yaitu manajemen PT. Pegadaian (Persero) sebaiknya mempertahankan harga uang muka yang minimum agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan yang mengeluarkan produk yang sejenis dan manajemen sebaiknya meningkatkan kemampuan dalam melakukan promosi pada calon nasabah/prospek dan meyakinkan pada para nasabah dengan menjelaskan apa yang menjadi keunggulan Pegadaian dibanding para pesaing.
Kata kunci : strategi, bauran pemasaran, analisis SWOT