ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK AMANAH PADA PT.PEGADAIAN (PERSERO) UNIT WONASA

Authors

  • Jovani M. Kalalo Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32636

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis yang tajam yang menjadi tantangan bagi pengusaha untuk tetap berada dalam persaingan hasil usahanya, khususnya pada produk amanah agar nasabah bisa melakukan pembiayaan  untuk membeli kendaraan dengan mudah dan tepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk di gunakan pada manajemen PT. Pegadaian (persero) Unit Wonasa. Metode yang digunakan berupa analisis SWOT dan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang ditunjukan dari hasil analisis SWOT berdasarkan pada faktor internal nilai strength memiliki rata-rata 2,4 dan nilai weaknesses memiliki rata-rata 0,67 dan totalnya 3,07. Sedangkan faktor eksternal nilai opportunity memiliki rata-rata 2.17 dan nilai threats memiliki rata-rata 0,7 dan totalnya adalah 2,87. Analisis tersebut menyatakan bahwa PT. Pegadaian (persero) unit wonasa berada pada posisi kuadran 1 yang mana menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari faktor internalnya dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternalnya. Rekomendasi yang di berikan adalah agresif, artinya pegadaian wonasa dalam kondisi yang sangat menguntungkan sehingga dapat di mungkinkan untuk terus melakukan ekpansi serta meraih kemajuan secara maksimal. Kesimpulannya yaitu manajemen PT. Pegadaian (Persero) sebaiknya mempertahankan harga uang muka yang minimum agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan yang mengeluarkan produk yang sejenis dan manajemen sebaiknya meningkatkan kemampuan dalam melakukan promosi pada calon nasabah/prospek dan meyakinkan pada para nasabah dengan menjelaskan apa yang menjadi keunggulan Pegadaian dibanding para pesaing.

Kata kunci : strategi, bauran pemasaran, analisis SWOT

Author Biographies

Jovani M. Kalalo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silcyljeova Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-03-16