ANALISIS FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK MOBIL AGYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOYOTA AGYA CLUB DI KOTA MANADO

Andrea A. Raranta, Frederik G. Worang, Imelda W. J Ogi

Abstract


Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik, karena preferensi dan sikap terhadap obyek setiap orang berbeda. Selain itu konsumen berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan juga berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada TAC Manado. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 55 responden. Analisis data yang digunkan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, faktor-faktor ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, secara parsial kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui faktor-faktor ekuitas merek memiliki pengaruh sebesar 80% terhadap keputusan pembelian dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk perusahaan yang bernaung di bawah merek Toyota, hendaknya melakukan upaya-upaya pengembangan strategi pemasaran yang menitik beratkan pada membangun kesadaran akan kelebihan-kelebihan merek Toyota dibanding merek mobil lain, dampak menggunakan mobil Toyota terhadap gaya hidup dan kebaikan lingkungan serta meningkatkan perlayanan pra dan pasca penjualan untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.