ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PRODUK MEBEL DI CV. KARUNIA MEUBEL TUMINTING

Authors

  • Tri H. Ramanta Universitas Sam Ratulangi
  • James D. D. Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32670

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu bisnis, baik bisnis berskala besar maupun kecil. Dalam upaya mendapatkan kesetiaan pelanggan, pelaku usaha perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan itu sendiri agar dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan produk mebel di CV. Karunia Meubel Tuminting. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 399 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 80 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien  determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, persepsi nilai, kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, secara parsial persepsi nilai, kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa persepsi nilai, kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh sebesar 93,2% terhadap loyalitas pelanggan dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk CV. Karunia Meubel Tuminting sebaiknya perusahaan merumuskan kebijakan-kebijakan strategis terkait persepsi nilai, kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan secara terintegrasi lewat program-program pemasaran strategis dan memanfaatkannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci: persepsi nilai, kualitas produk, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.

Author Biographies

Tri H. Ramanta, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

James D. D. Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Djurwati Soepeno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-03-16