ANALISIS PENDIDIKAN, ETOS KERJA DAN WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI POLDA SULUT

Angelina M. Sampow, Greis M. Sendow, Reitty L. Samadi

Abstract


Prestasi kerja merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pegawai dan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendidikan, Etos Kerja dan Work-Family Conflict terhadap Prestasi Kerja pada Polda Sulut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 332 responden, dengan menggunakan formula slovin maka sampel penelitian ini berjumlah 77 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, Pendidikan, Etos Kerja dan Work-Family Conflict berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja, secara parsial Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja, Etos Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja dan Work-Family Conflict berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diketahui bahwa Pendidikan, Etos Kerja dan Work-Family Conflict memiliki pengaruh sebesar 86,9% terhadap Prestasi Kerja dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk Polda Sulut sebaiknya terus meperhatikan faktor-faktor Pendidikan, Etos Kerja dan Work-Family Conflict melalui kebijakan-kebijakan dan program-program yang saling terintegrasi satu dengan yang lain untuk dapat meningkatkan Prestasi Kerja.

 

Kata Kunci: pendidikan, etos kerja, work-family conflict, prestasi kerja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.