PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, LOKASI DAN HARGA TIKET TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN PADA MAKATETE HILL’S DESA WAREMBUNGAN

Authors

  • Excel H. Bolang Univesitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Debry Ch. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.33041

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan ekonomi Indonesia saat ini. Aktivitas berwisata atau biasa disebut traveling tidak hanya dilakukan oleh para pecinta alam saja, namun mulai meluas dikalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-WOM, lokasi dan harga tiket terhadap minat berkunjung wisatawan pada Makatete Hill’s Desa Warembungan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60.294 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 125 responden tetapi yang kembali hanya 100 orang responden.. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, E- WOM, lokasi dan harga tiket berpengaruh terhadap minat berkunjung, secara parsial E- WOM, lokasi dan harga tiket juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa E-WOM, lokasi dan harga tiket memiliki pengaruh sebesar 86,5% terhadap minat berkunjung wisatawan dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Dari hasil penelitian Makatete Hill’s Desa Warembungan, hendaknya dapat mengembangkan tempat wisata ini melalui media sosial (Facebook, Instagram, Youtube), memperluas area obek wisata, meningkatkan kemudahan askes menuju area objek wisata, meningkatkan kesan aman dan nyaman Wisatawan yang berkunjung, mempertahankan kebijakan harga serta mengembangkan fasilitas-fasilitas di Makatete Hill’s agar dapat meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan lebih optimal lagi.

 

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Lokasi, Harga Tiket dan Minat BerkunjungWisatawan.

Author Biographies

Excel H. Bolang, Univesitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Debry Ch. A. Lintong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-03-25