Pengaruh Strategi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan pada UD. Vian Jaya Kota Gunungsitoli
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33238Abstract
Abstrak: Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat mempengaruhi kelangsungan hidup setiap perusahaan, meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing juga menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan konsumen dan berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih. memuaskan dari apa yang dilakukan pesaing. Untuk itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memikirkan dan menerapkan strategi produk yang tepat untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produknya. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi karena keterbatasan jumlah responden yang diteliti yaitu 32 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Dari hasil pengujian hipotesis untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kedua variabel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 65,20% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel. Dimana r hitung 7.497> r tabel 2.042. Artinya dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu strategi produk berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada UD. Vian Jaya Kota Gunungsitoli.
Kata Kunci: Strategi Produk, Peningkatan Penjualan.
Abstract: In the era of globalization, business competition greatly affects the survival of each company, increasing the intensity of competition and the number of competitors also requires each company to always pay attention to consumer needs and try to fulfill what they expect in a way that is more satisfying than what competitors do. For this reason, it is very important for companies to think about and implement the right product strategy to satisfy consumer wants and needs so as to increase sales of their products. The sample of this research is the entire population because of the limited number of respondents studied, namely 32 people. This study uses descriptive research using a quantitative description approach. From the results of hypothesis testing to determine the extent to which the influence of the two variables in this study shows that there is an influence between the X and Y variables of 65.20% and the rest is influenced by other factors. Hypothesis testing also shows that r count is greater than r table. Where r count is 7,497> r table is 2,042. This means that in this study Ha is accepted and Ho is rejected, namely the product strategy has an influence on increasing sales at UD. Vian Jaya Kota Gunungsitoli.
Keywords: Product Strategy, Sales Increase.