ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENJUALAN KREDIT SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT.HASJRAT ABADI CABANG MANADO

Authors

  • Christin A. Goni Universitas Sam Ratulangi
  • Herman Karamoy Universitas Sam Ratulangi
  • Stanly W. Alexander Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33522

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kenyataan bahwa penjualan kredit pada perusahaan merupakan strategi penjualan untuk menaikan tingkat volume penjualan perusahaan untuk memperoleh laba. Pengelolaan penjualan yang kurang baik secara langsung akan merugikan perusahaan. Untuk itulah diperlukann sistem pengendalian intern penjualan agar dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sistem pengendalian intern atas penjualan kredit dan prosedur penjualan kreditnya. Penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif dan sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa PT.Hasjrat Abadi Cabang Manado menerapkan suatu sistem penjualan yang dituangkan dalam Standar Operasional Perusahaan. Standar Operasional tersebut diantaranya mengatur tentang bagaimana proses penjualan pengelolaannya seharusnya dilakukan dan penulis telah membandingkan dengan teori-teori yang ada, hal ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern penjualan kredit pada perusahaan sudah berjalan dengan baik dilihat dari standar operasional perusahan yang berlaku namun masi didapati beberapa kekurangan.

Kata kunci: Penjualan Kredit, Sistem Pengendalian Intern.

Author Biographies

Christin A. Goni, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Herman Karamoy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Stanly W. Alexander, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2021-04-10