PENGARUH SELF-LEADERSHIP, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN TRANSACTIONAL LEADERSHIP TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMP ADVENT 4 PAAL 2 KOTA MANADO

Authors

  • Jerry Tandy Universitas Sam Ratulangi
  • Olivia S. Nelwan Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P. K. Lengkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.9.2.2021.33656

Abstract

Guru merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Semua komponen lain, mulai dari kurikulum, sarana-prasarana, biaya dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran yaitu interaksi guru dengan peserta didik tidak berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self-leadership, transformational leadership dan transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru – guru di SMP Advent Paal 2 Kota Manado. Pengumpulan data diambil dengan membagikan kuesioner. Populasi yang ada sebanyak 37 orang dan diambil sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukan self-leadership berpengaruh terhadap kinerja guru, transformational leadership tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru sebaiknya SMP Advent 4 Paal 2 Kota Manado memperhatikan self-leadership dan transactional leadership.

 

Kata Kunci : self-leadership, transformational leadership, transactional leadership, kinerja guru

Author Biographies

Jerry Tandy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Olivia S. Nelwan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Victor P. K. Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-04-13