KESADARAN MEREK, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DI KENTUCKY FRIED CHICKEN MANADO

Authors

  • Farli Liwe Jurusan Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3420

Abstract

Fenomena yang berkembang di masyarakat yaitu adanya kecenderungan terjadinya perubahan gaya hidup, akibat dari ekspansi industri makanan yang berkembang kedalam bentuk restoran siap saji. Persaingan antara perusahaan penghasil produk makanan cepat saji saat ini juga sangat kompetitif. Cara memenangkan persaingan tersebut adalah restoran harus berusaha untuk dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen memutuskan melakukan pembelian produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, keragaman produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Kentucky Fried Chicken (KFC) Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di KFC MTC Manado sebanyak 3.118 konsumen. Sampel diambil dari para konsumen KFC yang berdomisili di kota Manado dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dan parsial kesadaran merek, keragaman produk, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen yang membeli di KFC MTC Manado. Manajemen KFC Manado sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan kesadaran merek, keragaman produk, dan kualitas produk sehingga pembelian konsumen lebih meningkat lagi.

Kata kunci: kesadaran merk, keragaman produk, kualitas produk, keputusan pembelian.

 

Author Biography

Farli Liwe, Jurusan Manajemen

Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2013-12-05