DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI NIRLABA

Authors

  • McDonald F.S. Porajow Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.34260

Abstract

Memahami dan menguasai materi pembelajaran dibutuhkan disposisi berpikir dalam diri mahasiswa. Disposisi berpikir menentukan keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa dengan disposisi berpikir yang baik atau positif akan menjadi seseorang yang mampu mengaktualisasikan pemikiran, sikap dan tingkah laku. Salah satu bentuk disposisi berpikir adalah disposisi berpikir kreatif yaitu kecenderungan seseorang bersikap dan berpikir secara kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode grounded theory yang ditekankan pada disposisi berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian dilakukan pada salah satu universitas swasta di Manado dengan 10 orang mahasiswa sebagai responden penelitian. Pada penelitian ini, sebagian besar mahasiswa telah memiliki disposisi berpikir kreatif meskipun terdapat beberapa mahasiswa dengan disposisi berpikir kreatif yang menengah dan rendah.

 

Kata Kunci: metode kualitatif, disposisi berpikir kreatif, grounded theory

Author Biography

McDonald F.S. Porajow, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

Downloads

Published

2021-06-10