ANALISIS PENERAPAN METODE FULL COSTING SEBAGAI ALAT UNTUK MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI PADA TRENDY FRIED CHICKEN

Authors

  • Rendhy Frisky Togas Universitas Sam Ratulangi
  • Hendrik Gamaliel Universitas Sam Ratulangi
  • Syermi S. E Mintalangi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34637

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan metode full costing sebagai alat untuk menghitung harga pokok produksi pada Trendy fried chicken. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan dalam perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dengan metode full costing. Harga pokok produksi perusahaan untuk per potong ayam goreng krispy sebesar Rp12.880 biaya tersebut dipengaruhi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Sedangkan hasil perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing adalah Rp 13.436/potong ayam goreng krispy. Perhitugan ini diperoleh biaya produksi yang lebih tinggi karena biaya yang ada dalam proses produksi tersebut dihitung secara terperinci. Perbedaan biaya produksi ini disebabkan karena perhitungan metode yang diterapkan oleh perusahaan tidak terperinci semua biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi.

 

Kata Kunci: harga pokok produksi, full costing

Author Biographies

Rendhy Frisky Togas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Hendrik Gamaliel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Syermi S. E Mintalangi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2021-09-18