TOTAL QUALITY MANAGEMENT (PERSPEKTIF KARYAWAN TERHADAP PELAKSANAAN TQM) PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SULUTTENGGO

Authors

  • Bill G. Rotinsulu Universitas Sam Ratulangi
  • Paulus Kindangen Universitas Sam Ratulangi
  • Jessy J. Pondaag Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34759

Abstract

Salah satu cara perusahaan meningkatkan mutu perusahaan adalah dengan cara menerapkan prinsip-prinsip yang ada di Total Quality Management Total Quality Management (TQM). TQM merupakan suatu pendekatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperbaiki mutu produk, meningkatkan produktivitas. TQM mencoba meningkatkan daya saing perusahaan melalui perbaikan secara terus menerus terhadap produk, tenaga kerja, proses dan lingkungannya.  TQM adalah sistem manajemen yang mengangkat mutu sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif karyawan terhadap pelaksanaan Total Quality Management di PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah SULUTTENGGO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Total Quality Manajemen sudah diterapkan dengan baik.

 

Kata Kunci: total quality manajemen, pt pln (persero) unit induk wilayah suluttenggo.

Author Biographies

Bill G. Rotinsulu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Paulus Kindangen, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Jessy J. Pondaag, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18