PENGARUH BRAND IMAGE, VIRAL MARKETING, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E – MONEY FINTECH PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI SAAT PANDEMI COVID – 19
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34981Abstract
Perkembangan serta evolusi dari alat dan juga metode transaksi yang digunakan oleh manusia terus menerus maju, mendorong berbagai inovasi dalam bertransaksi diluar dan didalam kebutuhan sehari – hari, seperti pada zaman sekarang dengan gencar – gencar nya melakukan transaksi uang digital atau e – money. Menghasilkan berbagai macam penilaan serta pendapat terhadap suatu jenis pembayaran digital dengan berbagai keunggulannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, viral marketing, dan brand trust terhadap keputusan penggunaan aplikasi e = money pada mahasiswa di Universitas Samratulangi Manado saat pandemi covid – 19. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 100 orang dan menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Dan analisis data statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1. Secara simultan brand image, viral marketing, dan brand trust berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan aplikasi e – money fintech pada mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi, 2. Secara parsial brand image berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan aplikasi e – money fintech pada mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi, 3. Secara parsial viral marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi e – money fintech pada mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi, 4. Secara parsial brand trust berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan aplikasi e – money fintech pada mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi.
Â
Kata Kunci : brand image, viral marketing, brand trust, keputusan penggunaan