ANALISIS LAPORAN LABA RUGI PT.POS INDONESIA (PERSERO) MANADO 95000

Authors

  • Nansy N. H. Sumajow Universitas Sam Ratulangi
  • ventje Ilat Universitas Sam Ratulangi
  • Heince R. N. Wokas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35135

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 yang bergerak dalam pelayanan jasa pos. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi setiap item pendapatan terhadap total pendapatan dan kinerja keuangan pada PT.Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 dengan menggunakan rasio keuangan Return On Investment (ROI), Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turnover (TATO) pada Tahun 2016 sampai Tahun 2020 dan kinerja keuangan pada PT.Pos Indonesia (Persero) Manado dengan menggunakan pendekatan analisis Du Pont. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kondisi perkembangan laporan laba rugi PT. Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 Tahun 2016 sampai 2020 dapat dikatakan cukup baik meskipun secara rata-rata masih dalam keadaan negative dan kontribusi item pendapatan terhadap total pendapatan mengalami fluktuasi. Dengan menggunakan analisis du pont system kinerja keuangan meningkat meskipun masih dalam kondisi negatif. Hal tersebut dipengaruhi oleh persentase laba bersih atau NPM yang mengalami penurunan kerugian secara negatif dan dikuti oleh nilai TATO yang meningkat.

 

Kata Kunci: kontribusi pendapatan, (ROI), (NPM), (TATO), du pont system.

Author Biographies

Nansy N. H. Sumajow, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

ventje Ilat, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Heince R. N. Wokas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2021-09-18