ANALISIS LAPORAN LABA RUGI PT.POS INDONESIA (PERSERO) MANADO 95000
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35135Abstract
Penelitian ini dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 yang bergerak dalam pelayanan jasa pos. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi setiap item pendapatan terhadap total pendapatan dan kinerja keuangan pada PT.Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 dengan menggunakan rasio keuangan Return On Investment (ROI), Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turnover (TATO) pada Tahun 2016 sampai Tahun 2020 dan kinerja keuangan pada PT.Pos Indonesia (Persero) Manado dengan menggunakan pendekatan analisis Du Pont. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kondisi perkembangan laporan laba rugi PT. Pos Indonesia (Persero) Manado 95000 Tahun 2016 sampai 2020 dapat dikatakan cukup baik meskipun secara rata-rata masih dalam keadaan negative dan kontribusi item pendapatan terhadap total pendapatan mengalami fluktuasi. Dengan menggunakan analisis du pont system kinerja keuangan meningkat meskipun masih dalam kondisi negatif. Hal tersebut dipengaruhi oleh persentase laba bersih atau NPM yang mengalami penurunan kerugian secara negatif dan dikuti oleh nilai TATO yang meningkat.
Â
Kata Kunci: kontribusi pendapatan, (ROI), (NPM), (TATO), du pont system.