PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA GRABCAR DI KOTA MANADO PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Prisly H. Piri Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy D. Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Grabcar di Kota Manado pada saat Pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini menggunakan asosiatif kuantitatif, analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, Uji t, uji koefisien korelasi dan uji determinasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus slovin. Dari hasil uji secara simultan diperoleh Promosi dan Kualitas Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Grabcar di Kota Manado pada saat Pandemi Covid 19 serta uji secara parsial diperoleh Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan Kualitas Layanan secara Parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Saran untuk Grab layanan Grabcar, hendaknya dapat meningkatkan dan mengelolah dengan baik promosi dan kualitas layanan yang dilakukan selama ini sehingga lebih meningkatkan jumlah kepuasan konsumen pada Grabcar khususnya di kota Manado pada saat pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: promosi, kualitas layanan, kepuasan konsumen.

Author Biographies

Prisly H. Piri, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Ferdy D. Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18